Rocket M2 dan Rocket M5 Ubiquity Dengan Teknologi MIMO

.




Pada ulasan ini kami mencoba mengenalkan Radio terbaru dari Ubiquity yakni Rocket M2 dan Rocket M5 dengan teknologi MIMO. Seperti kita ketahui teknologi MIMO (Multiple Input Multiple Output) memungkinkan kita untuk menambah Throughput dan bahkan meningkatkan daya jangkau link secara ekonomis, artinya peningkatan unjuk kerja ini dicapai tanpa menambah TX Power, praktek ini bisa dicapai dengan menambah multiple antena, dimana ada antena yang berfungsi untuk menerima bit data dan ada antena yang berfungsi mengirim bit data.Penggunaan multiple antena ini ternyata meningkatkan performance kerja dari akses poin karena ketika sinyal dipancarkan maka sinyal akan "menabrak" berbagai benda di sekitarnya, ada yang mengenai dinding, tembok, atap dsb,yang kemudian menghasilkan berbagai copy sinyal yang menuju ke radio penerima, dengan teknologi MIMO atau penggunaan beberapa antena, maka radio akan mengambil copy terbaik dari berbagai copy yang menuju ke dirinya secara cepat, hebatnya lagi kemudian data bisa dikirim maupun diterima secara simultan, otomatis hal ini berujung pada peningkatan throughput yang ada.
Nah Pabrikan kelas wahid dunia, Ubiquity, telah mengimplementasikan teknologi MIMO ini dengan meluncurkan produk nya yakni Rocket M2 dan Rocket M5, kelebihan dari produk ini adalah penggunaan teknologi MIMO ini sebelumnya telah banyak dipakai, namun beberapa produsen cenderung menghasilkan produk wireless MIMO indoor, dimana antena bawaan tidak bisa dilepas, karena tabu bagi mereka mengaplikasikan antena external dengan teknologi MIMO, namun Ubiquity mendobrak kebiasaan ini dengan merilis radio sekaligus antenna external yang support dengan MIMO, hasilnya laris manis di pasaran.
Seperti Rocket M2 dan Rocket M5 ini memang telah disiapkan untuk dipasangkan dengan antena Rocket Dish baik yang 30dBi maupun 34dBi. Radio Rocket ini memiliki 2 konektor yang berbasiskan SMA untuk dikoneksikan ke antena Rocket Dish. Kelebihannya lagi Rocket M2 dan Rocket M5 memiliki TX Power yang cukup gede yakni 27dBi atau sekitar 500mw, jadi apabila disandingkan dengan antena Rocket Dish 30dBi Ubiquity mengklaim mampu mencapai jangkauan 50Km point to point, apalagi jika menggunakan antena Rocket Dish yang 34 dBi bisa dicapai jangkauan lebih dari 70Km sekaligus throughput yang lebih gede dari radio kelas a/b/g.
Bagi penggunaan Multi Point, access point Rocket M2 dan Rocket M5 bisa dipasangkan dengan antena sectoral Airmax yang juga sudah support dengan MIMO.
Fitur lain tidak jauh beda dengan produk Ubiquity lainnya ketika kita memasuki web konfigurasinya, yang sama memakai default ip address192.168.1.20, fitur-fitur lain tak jauh beda seperti Channel Width, Channel Shifting dan Fasilitas Securitynya.
Pada Rocket M5 ini memiliki 13 Channel jika kita memilih Country Code "United States" yang dimulai dari channel 5180 dan berakhir pada channel 5825, namun apabila kita memilih Country Code "Indonesia" maka kita hanya memperoleh 5 channel dimulai dari channel 5745 dan berakhir pada channel 5825, tapi jika pilihan pada Channel Width-nya kita tekan menjadi 10MHz maka kita akan mendapatkan 10 channel, tapi jelas kita akan mengorbankan throughput. Nah silahkan pilih sendiri. Uniknya jika kita memilih Country Code "United States" kita akan menemui 3 pilihan channel width yakni 10MHz, 20MHz dan 40MHz, beda dengan Indonesia yang hanya punya 2 pilihan 10MHz dan 20MHz. Memang setiap negara mempunyai regulasi yang berbeda, yang harus dihormati.
Ada sayangnya juga, settingan Output Power default Rocket adalah maximal 27dBi,tentu bagi pengguna awal, akan membiarkan ini tanpa perubahan, hasilnya Pertama; Radio akan cepat panas, Kedua; melanggar regulasi, Ketiga; mengganggu lingkungan sekitarnya.
Demikian kita harap bijaksana dalam menggunakannya, dan sampai ketemu di lain ulasan, tapi jangan lupa dapatkan Rocket M2 dan Rocket M5

sumber
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


11 comments:

Unknown said...

;)

Anonymous said...

om default antena alignment pada tool RM2 brp -db ya

Unknown said...

wow! info yang bagus.semoga memberi informasi yang bermanfaat tentang perangkat jaringan ini

kiat jitu berlatih kepemimpinan

Hacker sejati said...

cara seting rocket m2 untuk hotspot bagaimana/

Unknown said...

Om mau nanya nih... St SDH upgrade firmware ticker m5 ke versi 6, ... Tapi kok jangkauannya menurun dan powerpoint outputnya jg menurun cuman 19 dbm... St memang bgitu

Unknown said...

Om mau nanya nih... Sy SDH upgrade firmware rocket m5 ke versi 6, ... Tapi kok jangkauannya menurun dan power outputnya jg menurun cuman 19 dbm... Atau memang bgitu

urntukulo said...

menarik sekali artikelnya ini min, thanks sudah share...
blower infrared

Unknown said...

User dan password default nya apa min...

Lasmini said...

kekurangan dari rocket M5 apa aja om?

hackless said...

kalo pake antena omni bisa om??

Unknown said...

M2 sama m5 bedax apa

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Judul Blog Anda is proudly powered by Pusat Cara | Modif by Junay Sugiyanto™