Cara Menghemat Baterai Laptop Toshiba, Acer, Axioo Dengan Mudah

.


Cara Cerdas Menghemat Baterai Pada Laptop

baterai laptop
Cara Menghemat Baterai Laptop ToshibaAcer,Axioo, Hp, Asus, LENOVO DLL dengan Mudahbisa anda lakukan sendiri tanpa harus membuang banyak waktu, Tenaga dan uang, atau anda harus membawanya ke teknisi komputer/laptop, frekuensi pemakaian yg sangat tinggi tentunya akan menyebabkan batrai pada Lptop menjadi boros. Sebagai alternatif banyak pengguna yang terus mencolokan adapter pada saat kita sedang bekerja dengan laptop meskipun hal tersebut sebenarnya tidak terlalu baik untuk usia baterai laptop itu sendiri.tentunnya kalau kita memakai notebook secara terus menerus pasti usia pada baterai laptop anda tidak akan bertahan lama jika kita tidak tahu cara mengatasinya, untuk itu disini saya akan coba memberikan sebuah tips yang mudah tentang....

Tips Menghemat Baterai Laptop

Setting/Pengaturan Kontras Cahaya pada LCD

Terkadang kita tidak pernah sama sekali mengatur tingkat pencahayaan/kontras pada monitor LCD pada laptop. Bagi anda yang bekerja seharian didepan monitor laptop dengan settingan default pada kontras cahayanya maka akan membuat mata cepat Pedih dan menjadi cepat lelah dan juga bisa beresiko menambah minus mata anda. Untuk itu Dengan menurunkan kontras cahaya pada Laptop anda juga bisa menghemat sedikit konsumsi dalam pemakaian energi pada baterai, disamping itu bisa juga menjaga kesehatan mata anda.

Setting Pada Power Saving

Dengan melakukan sedikit setting pada bagian Power Saving ini bisa dapat menghemat konsumsi pemakaian pd baterai laptop anda. Dan berikut cara Untuk mengoptimalkan settingan pd POWER SAVING:

1. klik Start Menu ► Control Panel
2. Lalu klik Power Options
3. Pada tab bagian Power Schemes, ubah settingan pada bagian Turn off Monitor. Pilih After 10 minutes saja. Dan After 15 minutes pada bagian Turn off Hardisk serta After 25 Minutes pada bagianSystem Standby
4. Klik Apply dan Ok

Settingan diatas BISA MENGATUR pemakaian konsumsi listrik yang berfungsi ketika laptop/NOTEBOOK dalam keadaan ‘Tidak Terpakai’ yang mungkin anda masih sibuk dengan yang lainnya.

Matikan Sementara Peripheral/Hardware

Bila anda memutuskan untuk keluar dalam waktu setidaknya setengah jam, matikan laptop anda atau bila memang tidak dapat dimatikan karena laptop sedang memproses data / pekerjaan maka setidaknya anda dapat mengupayakan agar segala jenis hardware / peripheral seperti; speaker, scanner, harddisk eksternal, dvd external, flashdisk, dsb dimatikan (tidak dihubungkan) sementara waktu karena semua peripheral tersebut yang mana terhubung dengan slot USB tetap menghabiskan energi baterai.

Hibernate

Hibernate adalah fungsi untuk melakukan logoff atau mematikan laptop / PC tanpa menutup program yang sedang kita jalankan saat itu karena mode hibernate menyimpan semua aktivitas terakhir kedalam memori RAM kedalam harddisk. Cara untuk melakukan Setting Mode Hibernate adalah:
1. Klik Start Menu ► Power Options
2. Lalu ke tab Hibernate dan centang kotak opsi pada tulisan Enable Hibernate. Jangan lupa untuk mengklik Apply.
3. Kemudian ke tab bagian Advance. Klik menu drop down yang terdapat pada tulisan When I Press the power button dan pilih Hibernate.
4. Klik Apply dan Ok

Gunakanlah UPS

Bila baterai anda sedang low sementara masih terdapat pekerjaan mendesak yang harus anda selesaikan, maka satu-satunya alternatif adalah melakukan charge baterai sambil melanjutkan pekerjaan. UPS selain dapat menstabilkan energi pemakaian pada komputer. Meskipun UPS lebih umum digunakan pada komputer namun tidak ada salahnya anda melanjutkan pekerjaan anda sambil melakukan charge baterai dengan menggunakan UPS.
Untuk melakukan setting pada UPS adalah:

Klik Start Menu ► Control Panel
Klik Power Options
Lalu klik pada Tab UPS. Pada tab UPS tersebut akan menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung terhadap PC dari UPS yang digunakan.

Charge/Mengisi Baterai Laptop Hingga Penuh

Pastikan setiap kali anda melakukan charge/pengisian terhadap baterai laptop agar dilanjutkan hingga penuh (rekomendasi, maksimal 98% sebagai indikator baterai penuh dan minimal 10% sebelum baterai habis). Proses charge baterai yang setengah-setengah akan membuat konsumsi pemakaian energi baterai menjadi sedikit lebih boros dan tidak efisien. Dan faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah akan mempengaruhi usia pemakaian baterai laptop itu sendiri secara tidak langsung.

USB Port

Setiap peripheral seperti harddisk eksternal, flashdisk, DVDRW Portable dan lain-lain yang bersifat portable dan dihubungkan melalui port USB tetap memakan arus listrik tambahan. Oleh karena itu pastikan apabila anda sudah tidak membutuhkan harddisk eksternal atau DVDRW ada baiknya di-disconect-kan sementara. Hal sederhana seperti ini juga dapat sedikit menghemat pemakaian pada baterai.

Software Penghemat Konsumsi Energi

Pada umumnya produsen Laptop sekarang ini menyediakan Fitur/Software penghemat energi yang terinstall didalamnya. Software ini sangat bermanfaat unutk mengatur konsumsi energi yang dibutuhkan serta mematikan sementara bagian-bagian mana yang tidak dibutuhkan dan akan diaktifkan kembali secara otomatis ketika memang dibutuhkan untuk aktif.
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


6 comments:

solder uap said...

tipsnya boleh dipraktekan ini min, thank sudah share...
solder uap

vito dery said...

Bagus banget nih buat saya yang sering menghabiskan banyak waktu didepan laptop, namun menurut pengalaman baterai laptop itu bisa menyusut secara umur jika sudah terlalu lama pemakaiannya dan ada cakupan umur bertahan dari umur baterai itu sendiri. Disamping memang tips menghemat baterai diatas sangat membantu pengguna.

Laptop said...

Trims untuk sharingnya ya...
Ditunggu kunjungan balik ke web saya...
Cek di : https://tinyurl.com/AgresID

Bangamingadget said...

https://bangamingadget.com/merawat-baterai-laptop/

Bang Amin Gadget said...

Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai tips menghemat bateral iphone

Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang batrai iphone
https://bangamingadget.com/cara-menghemat-baterai-iphone-part-1/
terima kasih

zhiegg said...

Wah terima kasih atas informasinya ya kak!

kami juga punya artikel sejenis untuk sharing informasi,,

https://bangamingadget.com/cara-menjaga-kesehatan-baterai-laptop/

yuk sharing ilmuu

Terima Kasih

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Judul Blog Anda is proudly powered by Pusat Cara | Modif by Junay Sugiyanto™