Departemen Keuangan kembali membuka lowongan
kerja CPNS untuk tahun 2012 ini. Bagi kamu lulusan SMK Umum, SMK
Pelayaran, D III Umum, D III Pelayaran, Sarjana Ekonomi Akutansi dan
Management dapat mendaftarkan sebagai peserta seleksi penerimaan CPNS
Depkeu 2012.
Depkeu membutuhkan 700 pegawai baru untuk ditempatkan di berbagai posisi yaitu di Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan,Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Badan Kebijakan Fiskal dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.
Syarat-syarat untuk mendaftar sebagai CPNS Depkeu dapat kamu lihat di situs resminya di http://rekrutmen.depkeu.go.id.
Sebelum mendaftar secara online sebaiknya siapkan semua persyaratan
yang diperlukan agar lolos pada tahap adminstrasi terlebih dahulu.
Isikan semua data dengan benar dan teliti dengan cermat pada form yang
disediakan sebelum mengklik tombol simpan. Selamat mendaftar dan semoga
diterima sebagai CPNS Depkeu 2012. Amin.
Berikut syarat-syarat untuk mendaftar CPNS Departemen Keuangan 2012
- Warga Negara Indonesia;
- Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
- Tidak pernah dihukum penjara
atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai
kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana
kejahatan;
- Tidak pernah diberhentikan
dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat
sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai
swasta;
- Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
- Pelamar merupakan lulusan:
7.1. | Sarjana (untuk Kode KP 01 dan 02) dengan IPK Minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4; |
7.2. | Diploma Pelayaran (untuk Kode KP 03 dan 04) dengan IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4; |
7.3. | Diploma Umum (untuk Kode KP 05 sampai dengan 07) dengan IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4; |
7.4. | SMK Pelayaran (untuk Kode KP 08 dan 09) dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 6,50 (enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan); |
7.5. | SMK Umum (untuk Kode KP 10 sampai dengan 15) dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan). |
- Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2012:
8.1 | Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk kode KP 01 dan KP 02 (Sarjana S-1); |
8.2. | Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk kode KP 03 dan KP 04 (Diploma Pelayaran); |
8.3. | Minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk kode KP 05 s.d. KP 07 (Diploma Umum); |
8.4. | Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk kode KP 08 dan KP 09 (SMK Pelayaran); |
8.5. | Minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk Kode KP 10 s.d. KP 15 (SMK Umum). |
- Khusus Kode KP 03 wajib memiliki Sertifikat ANT-III dan Kode KP 04 wajib memiliki Sertifikat ATT-III;
- Khusus Kode KP 03 s.d. KP 15:
10.1 | Berjenis kelamin laki-laki; |
10.2. | Memiliki tinggi badan minimal 160 cm; |
10.3. | Tidak buta warna dan tidak cacat badan. |
TATA CARA PENDAFTARAN
- Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website http://rekrutmen.depkeu.go.id mulai tanggal 14 Juli 2012 sampai dengan tanggal 29 Juli 2012;
- Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online dapat mengunduh (download) Formulir Pendaftaran Online, Daftar Riwayat Hidup Singkat, Surat Pernyataan, dan Tanda Bukti Pendaftaran;
- Pelamar wajib:
3.1 | Mengisi Formulir Pendaftaran, menempel pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm pada Lembar Formulir Pendaftaran Online, menempel materai Rp6.000,00 dan menandatanganinya; |
3.2. | Mengisi dan menandatangani Daftar Riwayat Hidup Singkat; |
3.3. | Menempel materai Rp6.000,00 dan menandatangani Surat Pernyataan; |
- Berkas lamaran berisikan dengan urutan dari atas sebagai berikut:
4.1. | Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku; |
4.2. | Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir), dengan ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar; |
4.3. | Surat
lamaran ditulis dengan tangan sendiri dan ditujukan kepada Menteri
Keuangan Republik Indonesia dengan alamat PO BOX 1001 Jakarta 10000; |
4.4. | Daftar Riwayat Hidup Singkat yang telah diunduh dan ditandatangani; |
4.5. | Fotokopi
Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar/Surat Tanda Kelulusan dan transkrip
nilai terakhir yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang (Ijazah
Sementara dan Surat Keterangan Lulus tidak berlaku). Bagi pelamar
lulusan luar negeri wajib menyertakan Fotokopi Surat Keputusan
Penyetaraan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dilegalisir dan
distempel basah oleh pejabat yang berwenang; |
4.6. | Surat Keterangan Dokter (asli) terbaru yang menyatakan sehat (selama tiga bulan terakhir); |
4.7. | Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK (asli) yang masih berlaku; |
4.8. | Surat Pernyataan yang telah diunduh kemudian ditempel materai Rp6.000,00 dan ditandatangani; |
4.9. | Bagi
pelamar dengan Kode KP 03 melampirkan fotokopi sertifikat ANT III yang
telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang; |
4.10. | Bagi
pelamar dengan Kode KP 04 melampirkan fotokopi sertifikat ATT III yang
telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang. |
- Pelamar wajib mengirimkan Berkas Lamaran dengan stopmap berwarna:
a. | Merah muda untuk Kode KP 01 dan 02; |
b. | Biru untuk Kode KP 03 dan 04; |
c. | Hijau untuk Kode KP 05 s.d. 07; |
d. | Kuning untuk Kode KP 08 dan 09; |
e. | Merah untuk Kode KP 10 s.d 15. |
Lembar Formulir Pendaftaran Online ditempel di sampul stopmap tersebut.
- Stopmap yang berisi lamaran dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui Kantor Pos kepada:
Panitia Pusat Rekrutmen
Pegawai Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian Keuangan
Tahun Anggaran 2012
PO BOX 1001 Jakarta 10000
Berkas lamaran paling lambat diterima Panitia Pusat tanggal 6 Agustus 2012 (Cap Pos). Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
SELEKSI DAN PELAKSANAAN UJIAN
- Seleksi melalui 4 (empat) tahap dengan sistem gugur yang meliputi:
1.1. | Seleksi Administrasi; |
1.2. | Tes Kemampuan Dasar (TKD); |
1.3. | Psikotes Lanjutan; |
1.4. | Tes Kesehatan dan Kebugaran serta wawancara (wawancara hanya untuk pelamar dengan Kode KP 01 dan 02). |
- Lokasi ujian akan dilaksanakan pada kota:
2.1. | Medan; |
2.2. | Jakarta; |
2.3. | Semarang; |
2.4. | Surabaya; |
2.5. | Makassar; |
2.6. | Balikpapan; |
2.7. | Jayapura. |
- Pelamar dapat melihat pengumuman
pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 30
Agustus 2012 melalui portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id serta Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan di daerah;
- Informasi lebih lanjut mengenai Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat dilihat melalui portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id.
LAIN – LAIN
Dalam proses pendaftaran Rekrutmen
Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun
Anggaran 2012 berlaku ketentuan sebagai berikut:
- Bagi mereka yang pernah
mengajukan lamaran ke Kementerian Keuangan dan sampai pengumuman ini
belum mendapat balasan, sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini,
supaya mengajukan lamaran kembali sesuai prosedur yang berlaku (lamaran yang telah dikirim ke Kementerian Keuangan dianggap tidak berlaku);
- Dalam rangka Rekrutmen Calon
Pegawai Negeri Sipil ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan
pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya
apapun selama proses seleksi/tes;
- Setiap Pengumuman ditayangkan secara online pada portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id. Pelamar dapat melihat Pengumuman hasil setiap tahapan tes secara online pada portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atauhttp://rekrutmen.depkeu.go.id;
- Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar.Apabila
ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima
menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan
dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan
dan dapat melaporkan melalui website www.wise.depkeu.go.id. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut;
- Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap tahap tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
- Apabila pelamar memberikan
keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik
pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai
Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan,
Kementerian Keuangan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau
memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil
di lingkungan Kementerian Keuangan, menuntut ganti rugi atas kerugian
negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan
melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib, karena telah
memberikan keterangan palsu.
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :
0 comments:
Post a Comment