.

STANDAR OPERATING PROSEDURE TUGAS AKHIR
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI


Dalam rangka menyiapkan calon lulusan yang kompeten pada program studi yang ada di Jurusan Teknologi  Informasi, pada semester terakhir mahasiswa diharuskan untuk mengerjakan Tugas Akhir (TA) sebagaimana dijelaskan pada Peraturan Akademik Politeknik Universitas Andalas. Selanjutnya untuk membantu pelaksanaan bimbingan dan sidang TA ini maka kami sampaikan dalam bentuk standard operating procedures (SOP) Tugas Akhir sebagai berikut :

A. UMUM
Tugas Akhir (TA) merupakan suatu karya ilmiah hasil penelitian mandiri
mahasiswa dengan arahan dosen pembimbing yang dapat berbentuk studi kasus maupun pemodelan dan pengembangan aplikasi komputer. TA merupakan sebagian persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mahasiswa dinyatakan lulus.

Disamping menyerahkan  laporan TA dalam bentuk naskah penulisan ilmiah, mahasiswa diwajibkan mempertahankan laporan tersebut dalam sidang presentasi penyampaian hasil TA di depan dewan penguji yang telah ditunjuk.

B. TUJUAN
Secara garis besar penyusunan TA dimaksudkan agar mahasiswa dapat :
1.      menyusun suatu kerangka pemikiran sesuai kaidah-kaidah berpikir ilmiah.
2.      menerapkan pengetahuan teoritiknya ke dalam praktek pelaksanaan penelitian.
3.      terampil menulis ilmiah berdasarkan kaidah-kaidah tulisan ilmiah ke dalam laporan penelitian.
4.      lebih menghayati peran dan tugasnya sebagai anggota masyarakat yang terdidik
5.      memiliki rasa tanggung jawab akademik yang lebih besar, baik dalam hubungannya dengan etika ilmiah maupun penghargaan terhadap karya orang lain.

C. BENTUK TUGAS AKHIR
Pada jurusan Teknologi Informasi, bentuk tugas akhir adalah perancangan dan pembuatan system dan pembuatan alat, yang bisa berupa :
  1. Implementasi system informasi pada sebuah instansi.
  2. Pemograman beorientasi bisnis, (visual, web programming dan E-Comerce).
  3. Animasi interaktif (multimedia).
  4. Aplikasi program akuntansi (penyelesaian akuntansi dengan paket software akuntasi atau pembuatan aplikasi program akuntansi)
  5. Pembuatan alat
  6. jaringan computer(enskripsi,security,IDS,protokol komunikasi)
  7. Model dan simulasi (basisdata,ai)
  8. Sekurity data/kriptografi (digital signature,watermark,enskripsi)


D. KERANGKA PROPOSAL TUGAS AKHIR
Usulan penelitian Tugas Akhir atau proposal tugas akhir terdiri atas

Latar Belakang

Tuliskan dengan ringkas dasar pemikiran atau alasan yang menjadi ide dari topik tugas akhir.

Rumusan Masalah

Tuliskan dengan ringkas masalah utama yang dibahas dalam tugas akhir

Tujuan

Tuliskan dengan ringkas tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan tugas akhir.

Batasan Masalah

Tuliskan batasan-batasan yang diambil dalam pelaksanaan tugas akhir (jika ada).

Landasan Teori

Metodologi

Tuliskan semua tahapan yang akan dilalui selama pelaksanaan tugas akhir.

Jadwal

Tuliskan rencana pelaksanaan tugas akhir


E. PROSEDURE PENGAJUAN PROPOSAL TA
  1. Persyaratan Proposal TA
Persyaratan akademik dalam rangka mengajukan penulisan dan bimbingan Tugas Akhir adalah sebagai berikut :
1.      mahasiswa telah menyelesaikan kegiatan perkuliahan semester V.
2.      Terdaftar pada semester VI dan tidak sedang mengambil BSS (Berhenti Studi Sementara).
  1. Prosedur Pengajuan Proposal TA
Mahasiswa mengajukan proposal TA ke Jurusan Teknologi Informasi dengan format kerangka yang disesuaikan.


F. BIMBINGAN TA
1.      Pembimbing TA ditentukan oleh Jurusan dengan memperhatikan kuota bimbingan dan bidang ilmu yang diteliti dan usulan mahasiswa.
2.      Pembimbing memiliki tugas untuk memperhatikan masalah isi/kaidah ilmiah teknik, bahasa, format, dan tata tulis pada penulisan Laporan TA.
3.      Satu mahasiswa dibimbing oleh pembimbing I dan II
4.      Pembagian tugas pembimbing I dan II dilakukan dengan koordinasi dan komunikasi melalui pertemuan formal minimal 1 (satu) kali antara pembimbing I dan pembimbing II agar diperoleh pemahaman dan visi yang sama terhadap TA yang dibimbing
5.      Pembimbing I dan II mengeluarkan jadwal bimbingan minimal 1 (satu) kali dalam seminggu.
6.      Salah seorang Pembimbing akan masuk menjadi tim penguji pada sidang TA mahasiswa yang bersangkutan prioritas pembimbing I.
7.      Penulisan TA diharuskan mengikuti panduan penulisan TA dari Jurusan Teknologi Informasi
8.      Jumlah asistensi mahasiswa adalah minimal 10 (sepuluh) kali yang ditampilkan dalam Lembar Asistensi TA dari Jurusan Teknologi Informasi.
9.      Pengujian alat di laboratorium harus dihadiri salah satu pembimbing
10.  Proses penilaian bimbingan oleh pembimbing dilakukan dari awal bimbingan dimana pada akhirnya tercantum dalam form penilaian bimbingan TA yang akan menjadi salah satu syarat kelengkapan pendaftaran sidang TA bagi mahasiswa


G. TATA CARA PENULISAN

1. Kertas
  • kertas HVS berukuran A4 (210 mm x 297 mm).
  • Berat 80 g/m2 (HVS 80 GSM).

2. Penulisan

  • Naskah Tugas Akhir dicetak dengan batas 4 cm dari tepi kiri kertas, dan 3 cm dari tepi kanan, tepi atas dan tepi bawah kertas.


 




















  • Jenis font Times New Roman.
  • Ukuran font 12
  • Spasi dua (2) kecuali Abstraksi, Daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar lampiran, dan daftar pustaka berjarak satu spasi.
  • Huruf pertama paragraf baru dimulai dari batas tepi kiri naskah. Jangan memulai paragraf baru pada dasar halaman, kecuali apabila cukup tempat untuk sedikitnya dua baris. Baris terakhir sebuah paragraf jangan diletakkan pada halaman baru berikutnya, tinggalkan baris terakhir tersebut pada dasar halaman.
  • Huruf pertama sesudah tanda-baca koma (,), titik-koma (;), titik-ganda (:) dan titik (.) dicetak dengan menyisihkan suatu rongak (ruangan antara dua huruf) di belakang tanda-baca tersebut.
  • Untuk tulisan dalam bahasa asing atau yang mempunyai tujuan tertentu dituliskan dalam bentuk Italic atau bergaris bawah atau diapit oleh tanda kutip.
  • Bab baru diawali dengan halaman baru.

Penomoran Bab serta subbab
1). Bab dinomori dengan menggunakan angka romawi.
2). Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada
nomor bab/subbab dimana bagian ini terdapat.
II ………. (Judul Bab)
2.1 ………………..(Judul Subbab)
2.2 ………………..(Judul Subbab)
2.2.1 ………………(Judul Sub-Subbab)
3). Penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf besar, ukuran font 14, tebal.
4). Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf
besar, ukuran font 12, tebal.

Judul dan Nomor Gambar/Grafik/Tabel
1). Judul gambar/grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
2). Judul tabel diketik di sebelah atas tengah dari tabel.
3). Penomoran tergantung pada bab yang bersangkutan,
contoh :
·         gambar III.1
berarti gambar pertama yang ada di bab III.
·         Table IV.2
berarti tabel kedua yang ada di bab IV

Nomor Halaman
1). Bagian awal
Dimulai dari halaman judul sampai dengan halaman ringkasan (abstraksi), diberi nomor halaman dengan angka Romawi Kecil seperti i, ii, iii, iv dan seterusnya yang diletakkan di tengah halaman bagian bawah dengan jarak 2 spasi dari batas ruang ketikan. Khusus untuk lembar judul dan lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
2). Bagian judul bab
Tidak diberi nomor halaman
3). Bagian Teks
Dimulai dari Bab I Pendahuluan sampai dengan lampiran-lampiran diberi nomor halaman dengan angka latin seperti 1, 2, 3, 4 dan seterusnya yang diletakkan pada tepi kanan atas dengan jarak 2 spasi diatas baris pertama ketikan lurus dengan batas tepi kanan.
            4). Bagian akhir
Nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian teks.

Kutipan
1.) Model yang dipakai adalah Penulis – Tahun – Halaman (PTH) atau disebut dengan Author – Date – Page (ADP) Style dengan cara mencantumkan nama penulis – tahun terbitan – nomor halaman yang dikutip.
2.) Nama penulis yang dicantumkan hanya nama keluarga (family name) tanpa mencantumkan gelar akademik dari penulis.
3.) Bila penulis 2 (dua) orang, kedua nama keluarga penulis tersebut dicantumkan.
4.) Bila penulis lebih dari dua orang, maka yang dicantumkan hanya nama penulis pertama dengan menambahkan singkatan dkk (dan kawan-kawan) atau et al (et all)
5.) Seluruh sumber dan bahan bacaan atau acuan (references) yang digunakan dikumpulkan dalam satu daftar yang disebut Daftar Pustaka.
6.) Pencantuman sumber kutipan dapat diletakkan sebelum atau sesudah kutipan.
7.) Kutipan yang melebihi 3 baris, dipisahkan dari tulisan penulis sehingga membentuk alinea tersendiri dengan jarak baris satu spasi dan batas kiri 5 ketukan.

Contoh kutipan:

Sebelum kutipan:
Emory dan Cooper (1995 : 37) mengungkapkan: “The philosophy of science or, more specifically, epistemology is the body of knowledge that provides the classification that help us dicriminate among the styles of thinking”

Sesudah kutipan:
Demikian pula didefinisikan oleh penulis lain “The philosophy of science, epistemology is the body f knowledge that provides the classification that help us dicriminate among the styles of thinking” (Emory dan Cooper, 1995 : 37).

Lebih dari tiga baris:
Batini et al. (1992 : 4) mendefinisikan sebuah basis data dan kaitannnya dengan sebuah perusahaan sebagai sebuah komponen dari sistem informasi sebagai berikut:

“Databases are just one of the components of information systems, which also include application program, user interfaces, and other types of software packages. However databases are essential resources of all organizations, including not only large enterprises but also small companies and individual users”

Daftar Pustaka
1.) Disusun urut abjad berdasarkan nama penulis.
2.) Terdiri dari tiga bagian Nama Penulis – Judul Tulisan – Nama Penerbit
3.) Nama Penulis dimulai dengan nama keluarga, diikuti dengan tanda koma kemudian nama pertama.
4.) Bila nama penulis dua atau tiga orang, hanya orang pertama yang menggunakan aturan butir 3, selebihnya mengikuti apa yang tertera pada referensi.
5.) Bila nama penulis empat orang atau lebih, hanya dituliskan nama pertama mengikuti aturan butir 3 diikuti dengan et al atau dkk.

Contoh:

1 penulis:
Situmorang, Ferryanto. Tuntunan Praktis Pemrograman : Membuat Aplikasi FoxPro dengan Generator. Jakarta : Elex Media Komputindo, 1997.

2 penulis:
Campbell, Tim S., and William A Kracaw. Financial Institutions and Capital Market. New York : HarperCollins College, 1993.

3 penulis:
Hamacher, V. Carl., Zvonko G. Vranesic., Safwat G. Zaky. Computer Organization. 4th ed. Singapore : McGraw-Hill, 1996.

lebih dari 3 penulis:
Watson, Collin J., et. al. Statistics : For Management and Economics. Massachusetts : Allyn and Bacon, 1990.

lebih dari 2 buku dari penulis yang sama:
Arikunto, Suharsini. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta, 1990.
----------. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, 1991.


3. Pencetakan dan Penjilidan

Naskah Tugas Akhir dibuat menggunakan pencetak (printer) dengan tinta berwarna hitam (bukan dot matrix). Khusus untuk pencetakan gambar-gambar berwarna, pada naskah asli harus dicetak berwarna.

(1)   Naskah dicetak pada satu muka halaman (tidak bolak-balik).
(2)   Bentuk penjilidan adalah jilid buku hard cover warna orange.
(3)   Antar bab dipisah dengan kertas HVS warna kuning dengan objek logo UNAND posisi tengah (ukuran menyesuaikan).

Naskah asli Tugas Akhir dalam bentuk final dicetak sebanyak 4 eksemplar dan dapat diperbanyak dengan membuat fotocopi pada kertas HVS 80 GSM berukuran sama untuk keperluan lain.






4. CD/DVD

Naskah tugas akhir diserahkan juga dalam bentuk soft copy berupa CD/DVD
Ketentuan :
·         Dalam Bentuk Digital (Pdf) dan dokumen (Doc) Dengan Isi lengkap dalam 1file. (isi dari mulai Cover Depan s/d Lampiran-lampiran, termasuk Listing Program)
·         Untuk halaman Persetujuan(pengesahan) dan halaman penguji  setelah sidang dimasukan yang sudah ditandatangani oleh pembimbing, penguji dan pejabat jurusan dengan cara di scan
·         File Pdf dibuat dengan Nama File NoBP.pdf (Contoh: 9999999.pdf)
·         File Dokumen dengan nama file NoBP.doc (Contoh: 9999999.doc)
·         Program beserta source code disimpan dalam satu folder dengan nama folder nobp_program (contoh: 9999999_program)
·         File Daftar Riwayat hidup penulis dilengkapi dengan foto diri dengan nama file nobp_CV.doc (contoh: 9999999_CV.doc)
·         File abstraksi bhs Indonesia format pdf dengan nama file nobp_abstraksi.pdf (contoh: 9999999_abstraksi.pdf)
·         File abstract bahasa inggris format pdf dengan nama file nobp_abstract.pdf (contoh: 9999999_abstract.pdf)
·         File jurnal format pdf dengan nama file nobp_jurnal.pdf                    (contoh: 9999999_jurnal.pdf)
Jurnal maksimal 10 halaman yang berisi ringkasan dari buku Tugas Akhir yang terdiri dari abtraksi, abstract, bab 1-5, kesimpulan/saran, dan daftar pustaka. Ukuran spasi 1 dan format penulisan dibuat 2 kolom per halaman.
·         Cover CD harus dicek dan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing
·         Cover CD terbuat dari Stiker Kertas yang tidak Licin (Meresap Tinta) dengan bentuk seperti Contoh dibawah.

Contoh cover CD
(lihat contoh)



5. Sampul (halaman cover)

Sampul Tugas Akhir (HARD COVER) dicetak dengan warna orange untuk tiap program studi. Pada sampul tersebut dicetak judul Tugas Akhir, nama lengkap mahasiswa, baris Program Studi, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Universtas Andalas dan tahun penyelesaian. Judul Tugas Akhir, nama lengkap mahasiswa dan baris Politeknik Universtas Andalas ditulis dengan huruf kapital dan dicetak dengan tinta hitam.

  • Halaman Depan
(lihat contoh)
            Jenis dan ukuran huruf ditentukan sebagai berikut:
Judul Tugas Akhir:
Jenis huruf (font) : Times New Roman Capital (huruf besar)
Ukuran huruf : ukuran (font) 14, cetak tebal (bold)
Kata “TUGAS AKHIR” : sama dengan judul
Kalimat di bawah Tugas Akhir jenis huruf sama, ukuran 12, cetak tebal
Kata “oleh” : ukuran 12, cetak tebal
Nama mahasiswa : ukuran 14, cetak tebal
BP dan nomor BP : ukuran 14, cetak tebal
Program Studi : ukuran 14, cetak tebal
Jurusan : ukuran 14, cetak tebal
Lambang POLITEKNIK UNAND : ukuran tinggi 3,5 cm
POLITEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS dan tahun penyelesaian : ukuran 14, cetak tebal.

  • Halaman Punggung


Text Box: 2008
 







3. Halaman Peruntukan / Persembahan

Halaman peruntukan (dedication) bukan halaman yang diharuskan. Jika ada, pada halaman tersebut dituliskan untuk siapa Tugas Akhir tersebut didedikasikan.

6. Halaman Kata Pengantar

Halaman kata pengantar dicetak pada halaman baru. Pada halaman ini mahasiswa DIPLOMA III berkesempatan untuk menyatakan terima kasih secara tertulis kepada pembimbing dan perorangan lain yang telah memberi bimbingan, nasihat, saran dan kritik, kepada mereka yang telah membantu melakukan penelitian, kepada perorangan atau badan yang telah memberi bantuan keuangan, dan sebagainya.
Cara menulis kata pengantar beraneka ragam, tetapi semuanya hendaknya menggunakan kalimat yang baku. Ucapan terima kasih agar dibuat tidak berlebihan dan dibatasi hanya yang berhubungan secara keilmuan (“scientifically related”).

7. Halaman Daftar Isi, Lampiran, Gambar dsb

Halaman daftar isi dicetak pada halaman baru dan diberi judul DAFTAR ISI yang ditulis dengan huruf kapital dan tidak diakhiri dengan titik.

Halaman ini memuat nomor bab, nomor anak bab, judul bab dan judul anak-bab dan nomor halaman tempat judul bab dan judul anak bab dimuat. Ketiganya masing-masing dituliskan pada tiga kolom yang berurutan.

Judul bab dan judul anak-bab tidak diakhiri dengan titik, sebab judul bukanlah sebuah kalimat. Ini juga berlaku untuk daftar lampiran, gambar dst.

Lampiran diberi nomor halaman dengan angka latin, kelanjutan dari nomor halaman pada bagian teks.

Daftar isi, daftar lampiran dst, sebaiknya bukan diketik, tetapi dibangkitkan dengan memakai fasilitas yang tersedia pada Word processor.

8. Lampiran

Yang termasuk dalam lampiran yaitu capture gambar dari program, listing program. Lampiran diberi nomor halaman dengan angka latin, kelanjutan dari nomor halaman pada bagian teks.       

9. Urutan Naskah Tugas Akhir

Lembar Judul Tugas Akhir
Lembar Perolehan Gelar
Lembar Persetujuan / Pengesahan Tugas Akhir
Lembar Penguji Tugas Akhir
Abstraksi (Indonesia)
Abstract (in English)
Kata Pengantar
Halaman persembahan (jika ada)
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Simbol (jika ada)
Daftar Lampiran

BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Tujuan
1.4. Batasan Masalah
1.5. Metodologi
BAB II LANDASAN TEORI
            2.1 Teori Tentang Sistem
            2.2 Teori Pendukung
BAB III PERANCANGAN
            3.1 Analisa Sistem Lama
            3.2 Rancangan Sistem
                        3.2.1 Rancangan Basis Data
                        3.2.2 Context Diagram,DFD
                        3.2.3 Rancangan Antar Muka
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Berisi tentang bagaimana cara penggunaan sistem yang telah dibuat disertai dengan capture (gambar).
BAB V PENUTUP
5.1  Kesimpulan
5.2  Saran

Daftar Pustaka
LAMPIRAN

H. PROSEDURE SIDANG TA

1. Persyaratan Pengajuan Ujian Sidang TA
a.       Lembaran Persetujuan Sidang dari pembimbing yang menunjukkan kelayakan mahasiswa untuk sidang oleh pembimbing I dan II
b.      Nilai dari pembimbing I dan II
c.       Bukti lembaran asistensi TA dengan jumlah asistensi minimal 10 (sepuluh) kali
d.      Bukti hasil test TOEFL (fotokopi yang telah dilegalisir) diberlakukan syarat test TOEFL minimal 400.
e.        
f.       Fotokopi Laporan TA yang sudah diperbanyak 4 (empat) rangkap dan dimasukkan ke dalam map plastik orange
g.      Mendaftar 1 (satu) minggu sebelum jadwal sidang ke staf administrasi program studi
h.      Jurusan menjadwalkan Ujian dan membagi Penguji.
i.        Mahasiswa melakukan konfirmasi ke Penguji terkait dengan jadwal pelaksanaan Ujian.
j.        Konsumsi sidang diatur oleh mahasiswa yang sidang.
k.      Bagi mahasiswa yang membuat alat harus menyiapkannya sebelum sidang sehingga siap untuk diujicoba.

2. Prosedur Pelaksanaan Ujian Sidang TA
a.   Pelaksanaan Ujian Sidang TA diselenggarakan oleh Jurusan Teknologi Informasi.
b.   Ujian sidang TA bersifat tertutup..
c.   Anggota sidang terdiri dari :
·         1 (satu) orang mahasiswa
·         3 orang penguji yang terdiri Ketua dan sekretaris dan anggota
·         1 (satu) orang pembimbing sebagai pendamping
d.      Pada waktu pelaksanaan ujian seluruh anggota sidang hadir secara lengkap. Ujian sidang harus dilaksanakan di ruang ujian sidang yang sudah disediakan oleh Jurusan. Jika ada salah satu unsur dewan penguji yang tidak hadir maka ujian sidang ditunda hingga waktu yang ditentukan kemudian atau ada kesepakatan lain yang disepakati bersama.
e.       Undangan beserta bahan sidang untuk penguji disampaikan paling lambat 3 (tiga) hari sebelum ujian sidang dilaksanakan.
f.       Tim penguji melakukan penilaian sidang pada lembar penilaian yang disediakan, serta mengisi lembaran revisi/perbaikan (jika ada). Penilaian diberikan dengan mengisi semua komponen penilaian secara lengkap
g.      Nilai sidang TA berasal dari penilaian tim penguji dan pembimbing
h.      Mahasiswa dikatakan Lulus Sidang TA jika memiliki nilai total dari penguji dan pembimbing sebesar 66 dengan catatan minimal 2 penguji menyatakan lulus (dengan nilai minimal 66)
i.        Mahasiswa memiliki kesempatan menempuh ujian sidang maksimal dua kali. Jika sampai tidak lulus pada ujian kedua, maka mahasiswa tersebut harus menyusun TA lagi dengan judul yang baru dengan pembimbing yang baru pula.

  1. Tata Laksana Ujian Sidang TA
a.       Mahasiswa berpakaian rapi
·         Pria memakai baju lengan panjang putih, berdasi dan celana hitam
·         Wanita memakai baju lengan panjang putih, berdasi dan rok hitam
b.      Tim penguji pria berpakaian kemeja ditambah dasi dan perempuan menyesuaikan.
c.       Waktu pelaksanaan Sidang:
·         Persiapan 5 menit
·         Presentasi maksimum 15 menit
·         Tanya jawab untuk masing-masing penguji maksimum 15 menit
·         Ujicoba alat maksimum 15 menit
·         Evaluasi nilai sidang maksimum 5 menit
·         Pengumuman hasil maksimum 5 menit
d.      Jika penguji berhalangan hadir, dikonfirmasikan kepada Ka.Program Studi/Jurusan 1 (hari) kerja sebelum sidang
e.       Jika penguji tidak datang tanpa konfirmasi dan jadwal sidang sudah dimulai maka Ka.Program Studi/Jurusan mencarikan penguji pengganti.
f.       Jika Ketua Sidang berhalangan, maka Sekretaris menjadi Ketua dan Anggota yang menjadi Sekretaris, sedangkan penguji pengganti menjadi Anggota penguji. Selanjutnya jika Sekretaris Sidang berhalangan, maka Anggota menjadi Sekretaris, sedangkan penguji pengganti menjadi Anggota penguji.
g.      Sidang dapat dimulai jika seluruh penguji sudah hadir
h.      Jika pembimbing I berhalangan maka bisa digantikan pembimbing II, jika pembimbing II berhalangan maka sidang tidak bisa dilanjutkan.
i.        Ujian sidang dibuka oleh Ketua tim penguji yang didahului dengan doa
j.        Ketua Sidang bertanggung jawab membuka dan menutup sidang serta mengesahkan berita acara sidang bersama dengan tim penguji. Ketua Sidang juga bertanggung jawab mengontrol pelaksanaan sidang sesuai dengan batas waktu yang diberikan. Ketua Sidang bertanggung jawab mengontrol pelaksanaan sidang agar berjalan sesuai dengan aturan dan tata tertib sidang
k.      Sekretaris Sidang bertanggung jawab melengkapi/mengisi administrasi berita acara sidang
l.        Setiap penguji berhak mengajukan pertanyaan dan atau saran perbaikan
m.    Hasil ujian diumumkan secara langsung oleh penguji sesudah ujian sidang dilaksanakan
n.      Keputusan hasil ujian berupa :
o.      lulus tanpa revisi
p.      lulus dengan revisi tanpa ujian kembali
q.      sidang ulang
r.        tidak lulus (revisi total dan ujian kembali)
s.       Revisi perbaikan maksimal dua bulan. Jika dalam waktu tersebut mahasiswa tidak dapat menyelesaikan perbaikannya, maka kelulusan yang telah diputuskan sebelumnya dicabut.
I. Hak dan Kewajiban Pembimbing dan Penguji Tugas Akhir
I.1.       Hak Dan Kewajiban Pembimbing Tugas Akhir
1.   Pembimbing berkewajiban membimbing, mengarahkan, memonitor dan memotivasi mahasiswa bimbingannya dalam pelaksanaan tugas akhir.
2.   Pembimbing berkewajiban memberikan teguran kepada mahasiswa bimbingannya yang lalai dalam melaksanakan tugas akhir.
3.   Pembimbing berkewajiban menjalin hubungan yang harmonis dengan mahasiswa bimbingannya.
4.   Pembimbing wajib memberikan penilaian terhadap mahasiswa bimbingannya dan diserahkan secara rinci dan lengkap pada saat mahasiswa mendaftar untuk sidang.
5.   Pembimbing diharapkan mendampingi mahasiswa dalam pelaksanaan sidang tugas akhir.
6.   Pembimbing I memiliki tanggung jawab penuh dan dibantu pembimbing II melalui koordinasi dan pembagian tugas dalam pelaksanaan bimbingan tugas akhir.
7.   Pembagian tugas pembimbing I dan II dilakukan dengan koordinasi dan komunikasi melalui pertemuan formal minimal 1 (satu) kali antara pembimbing I dan pembimbing II agar diperoleh pemahaman dan visi yang sama terhadap TA yang dibimbing.
8.   Pembimbing I dan II mengeluarkan jadwal bimbingan minimal 1 (satu) kali dalam seminggu dengan waktu dan tempat yang jelas melalui koordinasi dengan Ka.Program studi.
9.   Izin sidang tugas akhir mahasiswa menjadi hak dan wewenang sepenuhnya pada pembimbing.
10. Ketua sidang adalah Pembimbing I atau Pembimbing II.
11. Pengesahan perbaikan tugas akhir setelah sidang tugas akhir menjadi tanggung jawab pembimbing.
I.2.       Hak Dan Kewajiban Penguji Tugas Akhir
1.   Penguji wajib hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan program studi.
2.   Jika penguji terlambat lebih dari 30 menit, maka ketua sidang melalui koordinasi dengan ketua program studi dapat mengganti penguji yang bersangkutan.
3.   Jika penguji berhalangan,maka penguji tersebut wajib memberitahukan ketua penguji atau ketua program studi sehari sebelum sidang dilakukan.
4.   Jika tidak hadir tanpa pemberitahuan, ketua program studi/ketua jurusan berhak mempertimbangkan pengurangan jumlah mahasiswa yang diuji untuk masa yang akan datang.
5.   Ketua penguji berkewajiban dan bertanggung jawab:
·               Memimpin sidang tugas akhir
·               Mengontrol penggunaan waktu oleh mahasiswa dan penguji.
·               Mengganti penguji yang tidak hadir melalui koordinasi dengan ketua program studi/jurusan.
·               Menjaga suasana sidang agar berjalan dengan aman dan lancar, sesuai dengan aturan dan tata tertib sidang TA.
·               Mengkoordinir proses rekapitulasi nilai dan penentuan kelulusan mahasiswa.
·               Mengontrol kelengkapan nilai yang diberikan penguji.
·               Mengesahkan berita acara sidang bersama–sama dengan penguji.
·               Mengumumkan hasil sidang tugas akhir.
6.   Sekretaris sidang bertanggung jawab melengkapi/mengisi administrasi berita acara sidang.
7.   Tim penguji melakukan penilaian sidang pada lembar penilaian yang disediakan, serta mengisi lembaran revisi/perbaikan (jika ada) yang disarankan.
8.   Penilaian diberikan dengan mengisi semua komponen penilaian secara lengkap.
9.   Menandatangani bukti sidang tugas akhir mahasiswa jika mahasiswa telah lulus sidang.
10. Penguji berhak memberikan saran-saran demi perbaikan tugas akhir pada lembaran revisi yang telah disediakan, melalui koordinasi dengan pembimbing.
Demikian SOP Tugas Akhir ini dibuat, semoga dapat digunakan untuk dijadikan sebagai panduan dalam pelaksanaan bimbingan dan sidang Tugas Akhir.

Padang, Maret 2008,
Ketua Program Studi
Teknik Komputer



Humaira,ST
Nip.132 317 091
Ketua Program Studi
Manajemen Informatika



Meri Azmi,ST
Nip. 132 317 082
Mengetahui
Ketua Jurusan,



Drs. Erwadi Bakar,M.Kom
Nip. 131 625 248
Contoh format halaman depan dan dalam (sama)

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK
PADA JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI




TUGAS AKHIR







Oleh :

NAMAMAHASISWA
BP. 9999999












PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
POLITEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS
PADANG
2008
Contoh format halaman perolehan gelar

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK
PADA JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI




TUGAS AKHIR


Diajukan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Ahli Madya
pada Jurusan Teknologi Informasi Program Studi Manajemen Informatika





Oleh :

NAMAMAHASISWA
BP. 9999999










PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
POLITEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS
PADANG
2008
Contoh format halaman pengesahan

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK
PADA JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI




TUGAS AKHIR


Diajukan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Ahli Madya
pada Jurusan Teknologi Informasi Program Studi Manajemen Informatika


Oleh :

NAMAMAHASISWA
BP. 9999999


Tugas Akhir ini telah diperiksa dan disetujui oleh:

Pembimbing I



NAMAPEMBIMBINGI
NIP.11111111
Pembimbing II



NAMAPEMBIMBINGII
NIP.11111111


Disahkan oleh:
Ketua Jurusan
Teknologi Informasi



NAMAKAJUR
NIP.1111111
Ketua Program Studi
Manajemen Informatika



NAMAKAPRODI
NIP.11111111
Contoh format halaman penguji

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK
PADA JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI





Oleh :

NAMAMAHASISWA
BP. 9999999


Tugas Akhir ini telah diuji dan dipertahankan didepan tim penguji sidang Tugas Akhir Diploma III Politeknik Universitas Andalas
Pada hari Rabu Tanggal 23 Juli 2008



Tim Penguji,

Ketua



NAMAKETUA
NIP.11111111
Sekretaris



NAMASEKRETARIS
NIP.11111111


Anggota



NAMAANGGOTA
NIP.1111111


Anggota



NAMAANGGOTA
NIP.11111111

Contoh format cover CD
                                                                                               
















































ALUR SIDANG TUGAS AKHIR


Sebelum Sidang


Setelah Sidang
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 comments:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Judul Blog Anda is proudly powered by Pusat Cara | Modif by Junay Sugiyanto™